PROFIL

AGENDA

DATA Lulusan

TRACER STUDY

pendataan-alumni-2016

Jumlah alumni UMBY 13.343 orang (Oktober 2018)


Image

Sampai Oktober 2018 total jumlah alumni UMBY 13.343 orang (Alumni Universitas Wangsa Manggala dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta). HYMNE Mercu Buana dengan petikan lirik seperti di atas dilantunkan Tim Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) pada awal rangkaian Wisuda Sarjana XXXIX dan Pascasarjana XIV UMBY di JEC Jalan Janti, Rabu (24/10/2018) lalu. Pada periode ini UMBY mewisuda 494 lulusan dan 132 di antaranya berpredikat cum laude.


Dalam kesempatan tersebut Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta, Dr Ir Bambang Supriyadi CES DEA sangat berharap, lulusan perguruan tinggi dapat mendarmabaktikan ilmu serta kemampuan yang sudah dimiliki untuk kepentingan masyarakat luas dan berguna bagi nusa bangsa.


“Lulusan perguruan tinggi sebaiknya tak hanya menjadi orang yang pintar di bidangnya. Namun harus juga menjadi lulusan yang beriman, bermoral, berkarakter baik, bisa menjaga martabat dan berperilaku jujur. Dengan bermodalkan ini, SDM bangsa Indonesia ke depan akan lebih berkualitas dan dapat berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia,” tutur Bambang.


Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah MSi MM menguraikan, agar momentum kelulusan jangan hanya dilihat sebagai sekadar tambahan gelar kesarjanaan saja. Tapi sebenarnya adalah momentum adanya perubahan tanggung jawab.


“Tak hanya tanggung jawab pada diri sendiri dan keluarga besar, namun juga tanggung jawab perkembangan ilmu yang telah ditekuni maupun tanggung jawab terhadap almamater serta bangsa dan negara Indonesia,” jelasnya serya mengatakan UMBY menggelar wisuda setahun dua kali.


Sedangkan menurut Wakil Rektor I UMBY Dr Ir Bayu Kanetro MP, dengan bertambahnya 494 lulusan menjadikan jumlah sarjana S1 dan S2 yang telah diluluskan UMBY sejak berdiri hingga kini sebanyak 13.343 orang. Lulusan terbaik tingkat universitas pada periode wisuda Oktober 2018 untuk S1 berasal dari Fakultas Teknologi Informasi Prodi Teknik Informatika dengan IPK 3,98 dengan masa studi 3 tahun 6 bulan diraih Anggraeni Diah Puspitaningrum. Lulusan termuda dicapai Yuliana dari Prodi Akuntansi dengan usia 21 tahun. Lulusan terbaik S2 dengan IPK 3,77 diraih Faizal Adnan Reza dari Prodi Magister Psikologi Profesi.


Ditemui di sela-sela acara, Samidah orangtua dari salah satu wisudawan merasa bahagia salah satu puteranya telah berhasil diwisuda. Bahkan sekitar tiga bulan sebelum diwisuda, puteranya yang menuntut ilmu di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia UMBY telah bekerja sebagai wartawan.


 


“Semoga ilmu yang telah diperoleh anak saya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan berguna bagi nusa-bangsa seperti halnya tema wisuda saat ini Angudi Mulyaning Bangsa,” ucap Samidah. (Yan / harianmerapi.com)


0 Response :

Isi Komentar : Untuk mengisi komentar harap login terlebih dahulu.